Langsung ke konten utama

4 KELEMAHAN GADGET BERBASIS ANDROID

Expedisi Passompa, Kelemahan tersebut diungkap berdasarkan fakta bahwa Android memang masih memiliki celah keamanan yang bisa diakses dengan mudah oleh para hacker untuk mencuri data pribadi para penggunanya.

Nah, merangkum informasi yang dilansir Phone Arena, Rabu (16/9/2015), terdapat empat (4) kelemahan yang ada di perangkat Android yang bisa `mengancam` penggunanya. Apa saja? 

UI Spoofing
Berdasarkan informasi yang beredar dari para pengguna perangkat robot hijau ini, diungkap bahwa Android memang masih rentan terhadap isu keamanan. Dijelaskan, kerentanan tersebut berada di dalam sistem multitasking.

Bahayanya lagi, kelemahan ini justru bisa dimanfaatkan untuk menyerang sesuatu. Katakan saja UI Spoofing yang bisa dilakukan para hacker untuk mendapatkan akseslogin pada kredensial penggunanya. 

Melalui celah kelemahan inilah para hacker bisa mengirimkan ransomware atau sebuah `aplikasi` pemantau aktivitas pengguna. Diyakini, semua versi Android memiliki kesamaan terhadap desain multitasking sistem ini.

Ransomware
Ransomware merupakan malware yang bisa memanfaatkan celah kelemahan Android.Ransomware biasanya ada di dalam sebuah kode yang tersebar di aplikasi. Ransomwarebisa menjebak penggunanya untuk mengunduh sebuah patch software. Nantinya, ketika diunduh, maka malware akan langsung muncul dan mengambil alih fitur administrator di perangkat Android dan menguncinya.

Pengguna pun nantinya akan diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk kembali membuka kunci akses tersebut. Parahnya lagi, sangat sulit untuk menumpas ransomwaredi perangkat Android yang sudah terinfeksi. Bahkan, malware ini dinilai begitu agresif dan mampu membunuh semua anti virus yang terinstal di perangkat Android.

Sampai saat ini, pergelutan malware ransomware dikabarkan semakin canggih. Malwareyang bisa `menyandera` gadget ini telah menyebar luas ke seluruh perangkat di wilayah Amerika Serikat dengan persentase sebanyak 77 persen.

Fingerprint
Seiring meningkatnya sistem operasi Android menjadi lebih cepat dan stabil, dipastikan bahwa perangkat tersebut akan disematkan teknologi fitur pemindai sidik jari (fingerprint).Namun, sebuah penelitian mengungkap bahwa perangkat Android yang memiliki fitur tersebut justru mudah diretas.

Bahkan, smartphone seperti HTC One Max dan Samsung Galaxy S5 justru merupakansmartphone yang fitur fingerprint-nya sangat mudah untuk di-hack. Namun, rentannya fitur ini untuk diretas bukan karena terjadinya kecacatan pada sistem operasi, hal tersebut dikarenakan Android tidak menghadirkan fitur fingerprint scanner secara native.

Mau tak mau, isu ini memang harus diatasi oleh vendor smartphone. Karena merekalah yang berinisiatif untuk menghadirkan fitur tersebut di perangkatnya.

Namun, informasi terbaru mengungkap bahwa sistem operasi Android teranyar, Marshmallow akan mengintegrasikan fitur fingerprint secara langsung di sistem operasinya.

Stagefright
Stagefright merupakan salah satu isu yang memang kerap dibicarakan di kalangan pengguna Android yang mana menjadi salah satu celah keamanan Android dan rentan dibobol oleh hacker. Caranya adalah mereka hanya memanfaatkan MMS dan mengirimkannya ke para korban.

Lewat metode Stagefright ini, hacker akan menyelipkan sebuah celah kerentanan yang hadir di media playback Android. Jika ini berhasil, maka mereka akan langsung mengambil data pribadi penggunanya, seperti mampu mengendalikan kamera, mikrofon dan lainnya.

Stagefright telah terjangkit di perangkat Android sebanyak 95 persen pada Agustus 2015 lalu. Untuk mengatasi hal ini, Google telah merilis patch keamanan ter-update setiap bulannya.

Sumber : dari sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Galeri Foto Tragedi Makam Mbah Priok Berdarah, 14 April 2010

by. charment Putra Maspul Ini adalah merupakan seuntaian bukti sejarah baru di negeri ini akan kekerasan dari pihak aparat yang menindas rakyat kecil, dengan semena-mena menganiya, menyiksa, bahkan membunuh rakyat demi pekerjaan mereka (SATPOL PP). namun kemudian muncul tanda tanya besar, Siapakah yang pantas bertanggung jawab dengan Kasus Makam Mbah Priok ini??? Kesalahan siapa??Apakah Gubernur DKI, Kesatuan Pamong Praja DKI, Ataukah Masyarakat yang mempertahankan makam Mbah Priok?? Belum ada yang bisa menjawab semua pertanyaan tersebut, namun korban telah berjatuhan, darah telah mengalir, nyawa-nyawa tak berdosa telah melayang. Dimana hati para pemimpin bangsa ini, sebiadab itukah SATUAN POLISI PAMONG PRAJA? apakah tujuan mereka dibentuk untuk menindas dan menghancurkan rakyat kecil??apakah mereka bukan manusia selayaknya punya hati nurani yang juga berasal dari rakyat kecil?? TANDA TANYA BESAR????? Pantaskah SATPOL PP Dibubarkan sesuai tuntutan sebagian rakyat?? mari sat

Makalah Antropologi Agama "Siri' Na Pacce" (Budaya Bugis Makassar)

--> MAKALAH INDIVIDU SIRI’ NA PACCE Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Antropologi Agama DOSEN PENGAMPUH : AMIR MAHMUD MADUBUN, SH, MH OLEH : NAMA           : ABDUL KARMAN NIM               : 008 111 001 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) AL-FATAH JAYAPURA 2010 BAB I A.        PENDAHULUAN Beragam budaya sebagai sebuah pemikiran yang prinsipil dan esensial kehilangan jati diri yang sesungguhnya, banyak di antaranya tinggal sebuah puing cerita dan sebagian yang lain kaku di atas definisi sempit yang menggeneralisasikan hakikat dan makna prinsipil kebudayaan yang begitu luas serta penurunan eksistensi dalam menstimulasi lahirnya kewibawaan dan kehormatan. Sebagai gambaran nilai budaya yang prinsipil dan sepantasnya terinterpretasikan dalam setiap sub kebijakan nasional adalah sebuah budaya “Siri’ na Pacce”. Budaya siri’ na

MAKALAH ETNOGRAFI SUKU BANGSA MOI DI DESA KANDATE DEPAPRE PROV. PAPUA

--> Tugas Kelompok ETNOGRAFI SUKU BANGSA MOI DI DESA KANDATE DEPAPRE Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Etnografi Papua Dosen pembimbing: Drs. Susanto, M.Hum Disusun Oleh: Kelompok IV 1. ABD. KARMAN 2. MARYATI 3. RISMAWATI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) AL-FATAH JAYAPURA 2010 I. PENDAHULUAN Istilah Etnografi berasal dari bahasa yunani kuno, Etnos dan Graphy. Etnos berarti bangsa dan grafi berarti diskripsi atau pelukisan. Dengan demikian etnografi adalah pelukisan mengenai bangsa-bangsa . Adapun kita sebagai penduduk wilayah provinsi Papua berkewajiban mengetahui akan suku-suku bangsa yang ada di Papua ini demi terjalinnya hubungan harmonis antara kita sebagai penduduk dengan masyarakat asli papua itu sendiri. Dan perlu kita ketahui bahwa Papua adalah merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang memili s